Tim Creacle Studio Isi Seminar Lokal ST3 Telkom

Informatika Kekinian

12 November 2016 yang lalu, aula Kawasan Pendidikan Telkom Terpadu Purwokerto diramaikan dengan kegiatan seminar lokal program studi (red: prodi) S1 Teknik Informatika dengan tema Informatika Kekinian dan sub tema Peka Lingkungan Ciptakan Peluang. Kegiatan seminar ini merupakan kegiatan rutin dari prodi Teknik Informatika dalam memperkaya pengetahuan dunia kerja yang berkaitan dengan bidang keilmuan dari informatika kepada mahasiswa.

Creacle Studio

Yang menjadi pembicara dalam seminar lokal ini adalah co-founder dari Creacle Studio Irkham Huda, Creacle Studio merupakan rumah produksi aplikasi mobile sedangkan sejarahnya dimulai dari namanya yaitu Creacle adalah singkatan dari kata Creative Circle. Terinspirasi oleh bentuk lingkaran dasar terdiri dari titik titik yang tak terbatas dan saling berhubungan, memiliki arti kreatifitas merupakan rangkaian terus menerus dan tak terbatas. Didirikan pada bulan September 2011 oleh Gathot Fajar, Firdaus Ismail, Irkham Huda, Eko Nugraha dan Rifauddin Tsalitsy, lima mahasiswa Jurusan Ilmu Komputer, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mereka sering terlibat dalam kegiatan penelitian dan kompetisi. Secara hukum terdaftar sebagai CV. Creacle sejak Oktober 2012, Creacle memiliki strategi untuk terus berinovasi menciptakan produk dan layanan sesuai dengan pasar dan teknologi terbaru. (red: http://www.creacle.com/about-us/).

seminar-lokal-st3-telkom-bersama-creacle-studio

Irkham Huda dari Creacle Studio memaparkan beragam kehebatan dunia IoT (red:Internet of Things, baca : https://id.wikipedia.org/wiki/Internet_of_Things) pada basis aplikasi mobile atau aplikasi yang ada atau tersedia di smart phone android dan apple yang kini menjadi tren hampir di seluruh kalangan.  Beliau menyampaikan kepada peserta seminar bahwa dengan memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, kita bisa memperoleh inspirasi untuk membuat atau memperbaharui sebuah aplikasi mobile dan dengan kepekaan tersebut aplikasi yang dihasilkan dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungannya, seperti misalnya game anak tahu bulat yang sempat naik daun terinspirasi dari penjual tahu bulat yang sering berjualan berkeliling hampir disetiap kawasan hingga banyak kalangan mengenalnya. Hal inipun juga yang dilakukan Creacle Studio dalam mengumpulkan ide ide untuk menciptakan aplikasi mobile yang menarik dan mudah diterima oleh masyarakat.

Motivasi

Tak hanya memaparkan berbagai aplikasi mobile yang sukses, beliau juga memberikan motivasi kepada mahasiswa yang mengikuti seminar melalui cerita perjuangan bagaimana sebuah aplikasi dibuat hingga akhirnya menjadi sebuah aplikasi yang benilai, beliau mencontohkan sebuah aplikasi mobile bernama 4Snap yang dibuat oleh Michael Sayman yang bernilai 30 juta dolar. Dengan adanya seminar ini diharapkan mahasiswa menjadi terpacu dalam berinovasi untuk mencari pengalaman agar siap menghadapi dunia kerja.

Staff Sistem Informasi ST3 Telkom Purwokerto