ST3 Telkom Bangun Desa Melalui Website

PURWOKERTO – Sekolah Tinggi Teknologi Telematika (ST3) Telkom Purwokerto belum lama ini menggelar pelatihan pembuatan website di kecamatan karanganyar purbalingga. Pelatihan ini berawal dari keinginan masyarakat untuk mengangkat potensi kearifan lokal desa, Kelompok Informasi Masyarakat Lentera Desa Karanganyar.

kim lentera 5

Saat ini Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI) telah resmi meluncurkan domain untuk desa, yaitu nama_desa.go,id. Sebelumnya, desa sebagai sistem pemerintahan terkecil, tidak diberikan pengakuan dalam hal penggunaan domain kepemerintahan, yaitu go.id. Hal ini mendorong sebuah desa untuk meramaikan dunia maya dalam memberikan pengetahuan dan wawasan terhadap perkembangan dan potensi-potensi ekonomi yang dimiliki sebuah desa.

pak Fajar - kim lentera

Dalam pemaparannya, Eko Fajar Cahyadi, S.T, M.T fasilitator dari ST3 Telkom mengawali pelatihan tersebut dengan materi pembuatan e-mail. Para aparat perwakilan desa nampak antusias dalam mengikutinya. Fasilitator kedua, Tenia Wahyuningrum, S.Kom, M.T,dan Didi Supriyadi, S.T, M.Kom kemudian melanjutkan memandu pelatihan pembuatan website menggunakan software tools wordpress 3.8 dan XAMPP Control Panel. Mereka menjelaskan langkah-langkah praktis dalam membuat website, mulai dari instalasi software XAMPP dan WordPress, pengaturan layout website, hingga menambahkan berita pada website.

kim lentera 4

Hadir pula dalam pertemuan tersebut, Kepala Bidang Kominfo Kab. Purbalingga Eri Rusdi Wibowo, S.Hut, M.A, yang memberikan apresiasi terhadap keinginan masyarakat yang cukup antusias terhadap peluncuran domain desa. Akan tetapi, yang terpenting adalah memastikan keberlanjutan website tersebut, bukan hanya hangat di awalnya. Keberlanjutan sebuah website ditentukan oleh adanya kelompok yang dapat mengelolanya. Kelompok Informasi Masyarakat inilah yang nanti diharapkan dapat menjadi penerus dan pengelola website dan dapat menyuguhkan informasi yang berguna untuk masyarakat luas.

Staff Sistem Informasi ST3 Telkom Purwokerto