Salam hangat dan sejahtera kami ucapkan kepada Adik-adik yang akan memasuki jenjang perguruan tinggi. Untuk membantu menambahkan informasi pendidikan tinggi dan prospeknya dimasa depan bagi Adik-adik, berikut ini kami sampaikan informasi seputar dunia telekomunikasi dan profil pendidikan tinggi yang ada di tempat kami. Harapan kami semoga informasi ini dapat dijadikan sebagai salah satu pertimbangan bagi Adik-adik untuk mengambil keputusan dan memilih perguruan tinggi.

A. Prospek Dunia Telekomunikasi dan Peluang Kerja

John Naishbit dalam bukunya “Mega Trend Asia 2000“ menempatkan TELEKOMUNIKASI sebagai suatu bidang yang mempunyai perkembangan PALING PESAT di kawasan Asia. Terbukti sekarang, bahwa jumlah pengguna telepon selular meningkat dengan pesat melebihi pemilik PC.

Teknologi Telekomunikasi saat ini berkembang pesat. Jika semula mayoritas layanan telekomunikasi hanya untuk suara saja, berbagai layanan baru yang sebelumnya tidak terbayangkan, seperti pengiriman data (berupa teks, gambar maupun video), SMS, MMS, E-mail, Fax, Internet, Transfer File maupun Musik, bahkan game online dapat dinikmati oleh pengguna alat telekomunikasi.

Operator telekomunikasi (seperti Telkom, Indosat, Excelcomm, Telkomsel, Mobile-8, dan Esia) dan berbagai penyedia perangkat telekomunikasi (antara lain Erricson, Siemens, Motorola, dan Samsung),  semakin bertambah jumlahnya. Tentu hal ini akan menuntut tersedianya SDM yang berkualitas dalam jumlah banyak, dan lebih dari itu, bahwa calon-calon pencari kerja juga harus memenuhi kriteria “pendidikan” minimum yang disyaratkan oleh banyak perusahaan Telekomunikasi tersebut.

Menyimak fenomena tersebut yang sedemikian dekat dengan keseharian kita, tentunya bukanlah suatu pilihan yang keliru jika adik-adik memutuskan untuk melanjutkan kuliah dan mengambil JURUSAN TEKNIK TELEKOMUNIKASI. Apalagi JURUSAN TEKNIK TELEKOMUNIKASI merupakan jurusan yang “ LANGKA “ di Perguruan Tinggi.

B. Profil Perguruan Tinggi

Kami, Akademi Teknik Telkom (AKATEL) Sandhy Putra, adalah perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Yayasan Sandhykara Putra Telkom. AKATEL merupakan perguruan tinggi yang dibina langsung oleh TELKOM. AKATEL menyelenggarakan program studi Diploma III, jurusan Teknik Telekomunikasi.

Di Program Studi ini, mahasiswa akan mempelajari aplikasi teknologi telekomunikasi terkini seperti Sistem Komunikasi Jaringan Kabel Tembaga, Sistem Komunikasi Wireless, Sistem Komunikasi Jaringan Serat Optik, Teknik Seluler dan Sistem Komunikasi Satelit.

Dengan adanya peralatan yang berkualitas, hibah dari UPLATDA Telkom Semarang dan DIVLAT TELKOM Bandung serta peralatan tambahan yang dipergunakan di Industri Telekomunikasi, kami siap mendidik para mahasiswa untuk memahami, serta memberikan skill di bidang telekomunikasi. Laboratorium di Akademi Teknik Telkom Sandhy Putra didukung oleh peralatan/trainer praktikum Leybold dari Jerman.

AKATEL didukung oleh tenaga pengajar alumni UGM, STT Telkom, ITS serta Dosen dari Unsoed dan praktisi dari TELKOM dan Telkomsel. Para dosen selama ini juga dituntut untuk selalu mendalami perkembangan Teknologi Telekomunikasi dengan mengikuti pelatihan/training maupun seminar dan melaksanakan penelitian. Selain itu, alumni Akademi Teknik Telkom  Sandhy Putra Purwokerto telah mendapat tempat di dunia industri seperti Patrakom, PLTU Cilacap, Tunaskomindo Persada, dll.

Demikian informasi singkat dari kami, semoga dapat memberikan manfaat dan membantu Adik-adik dalam mengambil keputusan. Jika adik-adik pernah gagal dalam upaya melanjutkan pendidikan tinggi di perguruan tinggi yang selama ini diidam-idamkan, maka anggaplah ini sebagai suatu undangan untuk bergabung bersama kami, dalam upaya meraih masa depan yang cerah di bidang Telekomunikasi.

Salam.