Pelatihan Mikrotik Wireless Batch 1

Beberapa hari yang lalu, tim Dosen Jaringan komputer berkolaborasi untuk mengenalkan Mikrotik kepada mahasiswa ST3 Telkom. Tim Dosen tersebut adalah Kukuh Nugroho, M.T. dan Syariful Ikhwan, M.T. keduanya merupakan dosen tetap di ST3 Telkom Purwokerto dengan spesialisasi jaringan komputer.

Mikrotik adalahperusahaan kecil berkantor pusat di Latvia, yang dibentuk oleh John Trully dan Arnis Riekstins. Pada tahun 1996 John dan Arnis memulai dengan sistem Linux dan MS DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless LAN (W-LAN) Aeronet berkecepatan 2Mbps di Moldova. Barulah kemudian melayani lima pelanggannya di Latvia, karena ambisi mereka adalah membuat satu peranti lunak router yang handal dan disebarkan ke seluruh dunia. Prinsip dasar MikroTik bukan membuat Wireless ISP (WISP), tapi membuat program router yang handal dan dapat dijalankan di seluruh dunia. Hingga kini, MikroTik telah melayani sekitar empat ratusan pelanggannya.

Linux yang mereka gunakan pertama kali adalah Kernel 2.2 yang dikembangkan secara bersama-sama dengan bantuan 5 – 15 orang staf R&D Mikrotik yang sekarang menguasai dunia routing di negara-negara berkembang. Selain staf di lingkungan Mikrotik, menurut Arnis, mereka merekrut juga tenaga-tenaga lepas dan pihak ketiga yang dengan intensif mengembangkan Mikrotik secara maraton.

mikrotik

Pelatihan ini diikuti oleh mahasiswa baik dari program studi teknik telekomunikasi maupun teknik informatika, tujuan dari pelatihan ini adalah berbagi ilmu seputar mikrotik, dimana hampir setiap perusahaan menggunakan perangkat mikrotik sebagai media administrasi bandwidth internet. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan setiap mahasiswa mempunyai bekal pengetahuan dan praktek tentang mikrotik, sehingga ketika mereka masuk ke dunia kerja terkait manajemen bandwidth dan jaringan mereka sudah tidak canggung lagi.

Staff Sistem Informasi ST3 Telkom Purwokerto