Organization

Sebagai lembaga Perguruan Tinggi STT Telematika TELKOM PURWOKERTO diselenggarakan YAYASAN PENDIDIKAN TELKOM di bawah pembinaan PT. TELKOM, Tbk.

Pembina Yayasan : Direksi PT. Telekomunikasi Indonesia,Tbk

Dewan Pengurus Yayasan Pendidikan Telkom :

Ketua Umum : Ir. Dwi S. Purnomo, M.M.
Sekretaris : Ny. Sophia Sigit Gustianto, SH
Bendahara : Ny. Idhawati Jatmiko

Struktur Organisasi ST3 TELKOM Purwokerto :

Ketua ST3 TELKOM : Prof. Agus Irianto, M.Sc., P.hD
Waket I : Wahyu Pamungkas T., S.T., M.T.
Waket II : Imam MPB, S.T., M.T.
Waket III : Heru Priyanto, ST.,MBA
  1. Unsur Pimpinan
    ST3 Telkom dipimpin oleh Ketua dan dibantu oleh tiga Wakil Ketua. Wakil Ketua I yang bertugas menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Wakil Ketua II yang bertugas melaksanakan administrasi umum, administrasi keuangan dan mengembangkan tenaga kependidikan Dosen dan Karyawan serta tenaga administrasi. Wakil Ketua III bertugas melaksanakan Hubungan Masyarakat dan Kerjasama.
  2. Senat Akademik
    Senat Akademi merupakan badan normatif dan badan perwakilan tertinggi dilingkungan akademi. Senat Akademi diketuai oleh Ketua dan anggota–anggotanya terdiri dari Wakil Ketua dan Ketua Program Studi serta unsur–unsur akademik lainnya.
    Senat mempunyai tugas merumuskan kebijakan–kebijakan dasar internal Akademi dan fungsinya adalah memberikan pengarahan, pengaturan, pengembangan, penilaian dan pertimbangan kepada pimpinan Akademi.
  3. Unsur Pelaksana Akademik
    Unsur Pelaksana Akademi adalah pengelola program studi yang merupakan bagian dari Akademi yang bertugas melaksanakan pengelolaan Sumber Daya Akademi bagi pengembangan Ilmu dan Teknologi, melayani kegiatan belajar mengajar, khususnya perkuliahan dan ujian.
    Unsur Pelaksana Akademi diketuai oleh Ketua Program Studi (Ka Prodi). Anggota–anggota terdiri dari para pengajar yang menyusun dan melaksanakan perkuliahan. ST3 TELKOM Purwokerto menetapkan tiga program studi unggulan yakni S1 Teknik Telekomunikasi, S1 Teknik Informatika dan D3 Teknik Telekomunikasi, ST3 TELKOM Purwokerto juga menyelenggarakan program studi D1 yakni Pemrograman dan Teknik Komputer Jaringan.
  4. Unsur Pelaksana Administrasi
    Unsur Pelaksana Administrasi terdiri dari dua bagian yaitu :

    • Bagian Administrasi Akademi dan Kemahasiswaan (BAAK), yang melayani kegiatan pendaftaran, membuat rencana pelaksanaan pendidikan, pengembangan tenaga edukatif, administrasi akademik dan administrasi kemahasiswaan. Bagian Administrasi Akademi dan Kemahasiswaan dikepalai oleh Kepala BAAK.
    • Bagian Administrasi Umum dan Keuangan (BAU), melayani administrasi yang bersifat non akademik, meliputi administrasi keuangan, kepegawaian, logistik, rumah tangga dan ketatausahaan. Bagian Administrasi Umum dan Keuangan dikepalai oleh Kepala BAU.
  5. Unsur Penunjang
    • Quality Assurance (LPM)
      Unsur yang tidak kalah pentingnya dalam sistem pendidikan di ST3 TELKOM Purwokerto adalah Quality Assurance atau lebih dikenal sebagai Penjaminan Mutu. Adapun tugas–tugasnya meliputi desain dan analisa bisnis proses di lingkungan ST3 TELKOM Purwokerto.
    • LPPM
      Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat merupakan bagian struktur organisasi Akatel yang berperan dalam peningkatan skill dosen serta sebagai wadah civitas academica dalam mengabdikan ilmu dan teknologi kepada masyarakat. LPPM dipimpin oleh Ketua LPPM yang bertugas mengkoordinir segala bentuk Penelitian serta Pengabdian kepada masyarat dalam kerangka Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  6. Unsur Pelaksana Teknis
    Merupakan perangkat kelengkapan akademi yang menunjang penyelenggaraan program Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang terdiri :

    • UPT Perpustakaan
      Perpustakaan sebagai unsur pelaksana teknis akademi berfungsi menunjang program pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Jenis koleksi yang dimiliki adalah buku, majalah ilmiah, dan bahan–bahan yang berkaitan dengan kurikulum.
    • UPT Sistem Informasi dan Pengolahan Data (SISFOLAHTA)
      UPT SISFOLAHTA bertujuan membangun, mengoperasikan dan memelihara sistim informasi serta melakukan pengolahan data untuk menunjang kelancaran penyelenggaraan akademis. Selain itu menambah pengetahuan dan ketrampilan bagi mahasiswa dalam bidang komputer baik aplikasi maupun instalasi, dan memberikan pelayanan konsultasi bidang komputer bagi pemerintah serta masyarakat yang membutuhkan.