Mahasiswi D3 Kembangkan Alat Pengendali Perangkat Rumah Jarak Jauh

Pengendali Perangkat Rumah

Mahasiswi tingkat akhir dari program studi diploma 3 teknik telekomunikasi ST3 Telkom Istiqomah Prasetyaningrum mengembangkan alat pengendali perangkat rumah jarak jauh. Ide atau gagasan dalam mengembangkan alat ini adalah karena perlunya otomatisasi dalam mengaktifkan perangkat rumah seperti lampu atau pun tirai jendela, hal ini diperlukan ketika rumah ditinggalkan untuk kepentingan sampai larut malam bahkan sampai berhari hari, ini dilakukan sebagai tindakan pengamanan rumah.

Untuk lebih mempermudah dalam penggunaannya, alat ini diintegrasikan dengan akun media sosial yang akhir akhir ini begitu lekat dengan aktivitas kita melalui smart phone. Media sosial yang digunakan adalah twitter. Sistem yang dirancang terdiri dari rangkaian mikropengendali Atmega 328P, aplikasi monitoring, layanan web temboo dan twitter.

Cara Kerja

Cara kerja dari sistem yaitu pengguna mengetikkan status twitter berupa kode pengendalian yang nantinya dicek oleh choreo pada temboo. Selanjutnya aplikasi monitoring akan menerima status pengendalian dari temboo untuk dapat ditampilkan di PC. Kode pengendalian yang sudah diterima oleh aplikasi monitoring akan dikirimkan ke mikropengendali Atmega 328P melalui komunikasi serial untuk mengendalikan tiga buah lampu dan dua buah tirai.

Pada fitur rekam data di aplikasi monitoring akan mencatat data berupa nomor pengendalian, tanggal, waktu, kondisi lampu dan tirai yang dikendalikan. Sesuai dengan hasil pengujian, aplikasi monitoring mampu menerima status twitter, menampilkan dan merekam data dengan format CSV serta mampu mengirimkan kode pengendalian ke mikropengendali Atmega328P melalui komunikasi serial. Mikropengendali Atmega 328P mampu membaca kode pengendalian secara jarak jauh dengan memanfaatkan media sosial twitter.

Staff Sistem Informasi ST3 Telkom Purwokerto