Mahasiswa ST3 Telkom Kembangkan Penjemur Pakaian Otomatis

PURWOKERTO – Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat kebutuhan akan teknologi semakin bertambah dan manusia cenderung menggunakan teknologi untuk menunjang kinerja dan kebutuhan. Perkembangan teknologi ini berimbas pada penggunaan alat bantu untuk menjadikan pekerjaan lebih ringan. Karena tuntutan pekerjaan yang semakin banyak dan desakan untuk lebih cepat dalam pengerjaannya maka teknologi menjadi solusi dalam menghadapi tuntutan tersebut. Dengan menggunakan teknologi pula seseorang dapat melakukan pekerjaan dengan cepat dan baik, seperti mengamankan pakaian yang dilakukan oleh suatu alat yang praktis dimana pada alat ini akan membuka dan menutup jemuran secara otomatis sehingga melindungi jemuran dari cuaca yang tidak menentu.

Melalui pengamatan inilah maka Sekolah Tinggi Teknologi Telematika (ST3) Telkom Purwokerto baru-baru ini tengah mengembangkan Jemuran Pakaian Otomatis Berbasis SMS Short Massage Service (SMS) oleh Rifky Papermadani, mahasiswa Diploma III Teknik Telekomunikasi.

penjemur pakaian otomatis

Cara Kerja Alat

Sistem jemuran pakaian otomatis berbasis arduino uno dengan sms sebagai report merupakan salah satu alat yang akan mempermudah dalam memantau jemuran dan memberikan ketenangan kepada pemilik jemuran ketika berada di luar rumah. Sensor air hujan digunakan untuk mendeteksi jika terjadinya hujan dan akan mengamankan jemuran tersebut ke dalam ruangan. Sensor light dependent resistor (LDR) digunakan untuk mendeteksi adanya cahaya matahari, sehingga jemuran akan keluar dari ruangan.

Solusi bagi Masyarakat

Ketika musim hujan tiba kebanyakan masyarakat merasa khawatir ketika menjemur pakaian. Kekhawatiran tersebut bertambah ketika sedang berada di luar rumah saat di rumah tidak ada orang, karena khawatir pakaian basah tersira air hujan. Sehingga dengan adanya alat ini dapat merupakan solusi bagi masyarakat.

“Meskipun alat ini masih berupa prototipe, semoga kedepan masih bisa terus dikembangkan dan disempurnakan serta dipatenkan,” tutur Risa F. Christianti, M.T. selaku Kabag Laboratorium ST3 Telkom.

Staff Sistem Informasi ST3 Telkom Purwokerto