Mahasiswa ST3 Telkom Kembangkan Alat Pemberi Makan Ikan Otomatis Berbasis SMS

Memelihara Ikan Dalam Akuarium

Purwokerto – Memelihara ikan di dalam akuarium adalah sebuah kegemaran yang sering dijumpai di berbagai rumah. Kegemaran ini bertujuan untuk menampilkan pemandangan yang segar didalam rumah, sehingga kepenatan pemilik dapat terkurangi ketika melihat pemandangan melalui akurium tersebut.

Permasalahan yang terjadi adalah ketika ikan yang ada dalam akuarium tersebut harus secara rutin diberikan pakan, tetapi pemilik rumah tidak ada ditempat. Ikan mampu bertahan tanpa pemberian pakan hanya dalam kurun waktu tertentu saja, sehingga diperlukan solusi untuk mengatasi permasalahan ini

Untuk mengatasi permasalahan ini, Nuris Diandi salah satu mahasiswa ST3 Telkom dari Prodi D3 Teknik Telekomunikasi mengembangkan  Alat Pakan Ikan Akuarium otomatis berbasis SMS, “Alat ini diciptakan untuk membantu permasalahan para pemilik akuarium dalam memberikan pakan ikan dengan lebih praktis dan efisien tanpa menganggu aktivitas kesehariannya sesuai jadwal yang diatur menggunakan SMS,” ujar Nuris.

pemberi pakan ikan otomatis

Cara Kerja

Sistem ini dirancang tidak hanya otomatis namun dilengkapi dengan sistem manual dalam pemberian pakan ikan, dengan menggunakan mikrokontroler arduino uno dan komponen pendukung lainnya seperti sensor dan mekanik. Sensor yang digunakan adalah sensor ultrasonik, sensor ini berfungsi untuk mengukur pakan didalam wadahnya  agar mengetahui sisa pakan dan mendeteksi pakan yang jatuh ke akuarium. Mekanik alat ini menggunakan motor DC yang bergerak untuk proses pemberian pakan. GSM Module yang terhubung pada mikrokontroler yang berfungsi untuk mengirimkan report berupa SMS ke handphone pemilik.

“Tentunya hal ini merupakan solusi bagi para pencinta ikan. Dan semoga alat ini bisa terus dikembangkan serta dipatenkan.” harap Risa Farrid Christianti, MT, selaku Kabag Laboratorium ST3 Telkom Purwokerto.

pemberi pakan ikan otomatis

Staff Sistem Informasi ST3 Telkom Purwokerto