Kini ST3 Telkom Peringkat 5606 Dunia 86 Indonesia Versi Webometrics

Webometrics.info adalah sebuah lembaga internasional yang memberikan ranking kepada perguruan tinggi yang terdaftar di lembaga tersebut dari berbagai Negara di dunia. Menjadi bagian dan mempunyai ranking yang baik menjadi idaman dari perguruan tinggi baru, tetapi tidak untuk perguruan tinggi yang sudah berumur puluhan tahun dikarenakan budaya yang sudah berjalan mampu memberikan dukungan yang sangat baik dalam penilaian webometrics ini. Aspek yang dinilai adalah dari segi popularitas situs perguruan tinggi tersebut dibuktikan dengan banyaknya backlink yang ada di situs pendidikan(edu) dan pemerintahan (gov) aspek ini dimasukan dalam indikator visibility atau impact.

Indikator lain yang dinilai adalah presence yaitu berapa jumlah halaman yang diindex oleh mesin pencari seperti google, openness juga merupakan indikator yang dinilai oleh webometrics yaitu jumlah file pdf yang diindex oleh mesin pencari, indikator terakhir adalah excellent yaitu jumlah paper atau jurnal yang diindex oleh scimago.

ST3 Telkom merupakan perguruan tinggi swasta di Purwokerto yang konsen dalam perankingan webometrics ini, dibuktikan dengan usaha membudayakan menulis melalui blog bagi seluruh civitas akademika, berbagi pengetahuan dengan cara digitalisasi hasil penelitian baik mahasiswa maupun dosen. Dari usaha inilah kemudian ST3 Telkom mengalami kenaikan ranking webometrics dunia dari 8624 menjadi 5606 dan ranking webometrics area Indonesia saat ini 86 naik dari 122 di periode sebelumnya.

Semoga dengan diraihnya peningkatan ranking webometrics ini memberikan semangat baru dalam budaya menulis dan berbagi dalam bentuk digital.

Sumber : http://webometrics.info/en/Asia/Indonesia%20