Akreditasi B Berhasil Diraih Oleh Teknik Informatika

PURWOKERTO-Tak berselang lama setelah program studi S1 Teknik Telekomunikasi meraih peningkatan akreditasi, Program Studi S-1 Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknik Telematika (ST3) Telkom Purwokerto menyusul dengan akreditasi B. Status tersebut diperoleh berdasarkan SK nomor 1120/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2017 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Ketua ST3 Telkom, Prof Dr Adiwijaya SSi MSi mengatakan, raihan akreditasi ini menambah kepercayaan diri sivitas akademika untuk terus memperbaiki kualitasnya. Pada tahun 2017 ini ada tiga prodi yang meraih akreditasi B yaitu D III Teknik Telekomunikasi, S1 Teknik Telekomunikasi dan S1 Teknik Informatika.

“Artinya kampus ini harus terus berkembang dan meningkatkan fasilitas penunjang, hingga jumlah tenaga dosen hingga kualitas lulusan serta sarana prasarana,” kata dia, saat memberikan laporan dalam peringatan Dies Natalies ke 15 ST3 Telkom, baru-baru ini. Dia menuturkan, sejak awal tahun 2013, ST3 Telkom berusaha memenuhi komitmen untuk penilaian kinerja akademik dari lembaga eksternal dan memenuhi surat Dirjen Dikti nomor 160/E/AK/2013, 1 Maret 2013.

Setiap perguruan tinggi diwajibkan mengajukan akreditasi sebelum 1 September 2013. Hasil penilaian Tim Asesor BAN PT saat pengamatan lapangan, wawancara, verifikasi data pendukung, serta pendalaman hal-hal khusus yang berkaitan dengan komponen dan aspek akreditasi itu dipublikasikan setelah empat bulan kemudian. “Akreditasi ini juga menjadi titik tumpu untuk mempersiapkan peralihan status dari sekolah tinggi untuk menuju status universitas,” kata dia. Adiwijaya menambahkan, selain raihan ini, dalam kurun waktu satu tahun ST 3 Telkom juga telah menjalin kerjasama di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat. Di antaranya dengan Pemerintah Kabupaten Banyumas, untuk dukungan perbaikan fasilitas umum, Komisi Pemberantasan Korupsi dalam hal Zona Integritas Kampus. Untuk kerjasama ini ST3 Telkom menjadi PTS Pertama di Kopertis Wilayah VI yang beberjasama dengan KPK dan menjadi yang Pertama di Indonesia sebagai Pusat Pendidikan Anti Korupsi bidang Ilmu Kependidikan.

Kerjasama berikutnya yaitu dengan Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah, berupa dukungan penyelenggaraan seminar dan lokakarya, seperti Lokakarya Kewirausahaan, Penulisan karya Ilmiah dan Penelitian, pihak perbankan dan Badan Nasional AntiNarkotika (BNN) Kabupaten Banyumas.(K35-)

Staff Sistem Informasi ST3 Telkom Purwokerto